Skip to main content

Perusahaan

Menu Perusahaan, digunakan untuk identifikasi Perusahaan bisnis unit.

Akses menu Perusahaan


1. Pilih modul Entitas lalu setelah itu pilih menu Perusahaan.

Login

Menampilkan Data List Perusahaan


1. Setelah kita berhasil mengakses menu Perusahaan maka sistem otomatis akan menampilkan data list Perusahaan.

Login

Menambahkan Data Perusahaan


Fungsi Tambah data berguna untuk membuat entri atau record baru dalam tabel database. 

Step 1 Tambah Data Perusahaan.

1. Pilih button **"+ Tambah"** pada bagian kanan atas tabel.

tambah_data1

2. Setelah berhasil memilih button **"+ Tambah"** maka sistem akan menampilkan modal pop-up yang telah tercantum 
informasi formulir yang akan di isi oleh user.

tambah_data2 tambah_data3

3. User **wajib** mengisi formulir data **perusahaan** agar bisa lanjut ke langkah berikutnya. 
Terdapat 3 langkah formulir tambah Perusahaan, yakni :

* Data Perusahaan
* Data Pejabat
* Data Pemegang Saham

tambah_data4

4. **Langkah pertama** melengkapi formulir data perusahaan, pilih **Status**.

tambah_data5

5. Pilih Subholding,

tambah_data6

6. Pilih Kode Perusahaan.

tambah_data7

7. Masukan Alias (jika ada)

tambah_data8

8. Masukan Nama Perusahaan.

tambah_data9

9. Masukan Alamat Perusahaan.

tambah_data10

10. Masukan **Kota asal Perusahaan.

tambah_data11

11. Masukan **Provinsi asal Perusahaan.

tambah_data12

12. Masukan Kode Pos Perusahaan.

tambah_data13

13. Masukan nomor telepon Perusahaan.

tambah_data14

14. Masukan E-mail Perusahaan.

tambah_data15

15. Masukan situs website Perusahaan.

tambah_data16

16. Masukan PIC Perusahaan.

tambah_data17 tambah_data18

17. Pilih Kategori Bisnis.

tambah_data19

18. Siapkan file berbentuk gambar lalu pilih file tersebut untuk upload atau user bisa melakukan 
**drag dan drop** file.

tambah_data20

19. Setelah itu, jika user sudah memastikan formulir data Perusahaan telah sesuai maka pilih button 
**Simpan dan Lanjutkan** untuk menyimpan data tersebut dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

tambah_data21

Step 2 Tambah Data Pejabat.

20. **Langkah kedua** melengkapi formulir data pejabat, pilih button **+ Tambah** pada bagian kanan atas tabel 
data pejabat.

tambah_data22

21. Setelah berhasil memilih button **"+ Tambah"** maka sistem akan menampilkan modal pop-up yang telah 
tercantum informasi formulir yang akan dilengkapi oleh user.

tambah_data23

22. Pilih*Kontak

tambah_data24 tambah_data25

* User dapat melakukan filter nama **Kontak** pada fitur **pencarian**.

tambah_data26

23. Masukan Jabatan

tambah_data27

24. Pilih Status.

tambah_data28

25. Setelah itu, jika user sudah memastikan formulir data Pejabat telah sesuai maka pilih button **simpan** 
untuk menyimpan data tersebut dan jika user ingin membatalkan formulir Perusahaan maka pilih button **batal**.

tambah_data29

26. Setelah user meng-klik simpan, maka sistem akan menampilkan pesan **record saved** pada bagian kanan atas 
tabel dan data yang baru di masukan akan tampil pada tabel data **Pejabat**.

tambah_data30

27. Lalu, jika telah berhasil menambahkan data pejabat, maka user bisa melanjutkan ke langkap berikutnya dengan 
meng-klik button **lanjutkan**.

tambah_data31

Step 3 Tambah Data Pemegang Saham.

28. **Langkah ketiga** melengkapi formulir data **pemegang saham**, pilih button **+ Tambah** pada bagian kanan 
atas tabel data pemegang saham.

tambah_data32

29. Setelah berhasil memilih button **"+ Tambah"** maka sistem akan menampilkan modal pop-up yang telah 
tercantum informasi formulir yang akan dilengkapi oleh user.

tambah_data33

30. Pilih Kontak.

tambah_data34 tambah_data35

* User dapat melakukan filter nama **Kontak** pada fitur **pencarian**

tambah_data36

31. Masukan nominal Nilai Saham.

tambah_data37

32. Setelah itu, jika user sudah memastikan formulir data Pejabat telah sesuai maka pilih button **simpan** untuk 
menyimpan data tersebut dan jika user ingin membatalkan formulir Perusahaan maka pilih button **batal**.

tambah_data38

33.Setelah user meng-klik simpan, maka sistem akan menampilkan pesan **record saved** pada bagian kanan atas 
tabel dan data yang baru di masukan akan tampil pada tabel data **Pemegang Saham**.

tambah_data39

34. Jika 3 langkah melengkapi formulir data perusahaan telah selesai maka user memilih button **Selesai** dan 
jika user ingin kembali ke langkah sebelumnya, user dapat memilih button **sebelumnya**.

tambah_data40

Edit Data Perusahaan


Fungsi Update ini berperan penting dalam memperbarui entri data ketika informasi yang dikandungnya perlu diubah. Dengan fungsi ini user dapat mengubah informasi entri basis data. 

Step 1 Edit Data Perusahaan.

1. Pilih baris data dengan meng-klik icon titik tiga pada bagian kiri baris data.

edit_data1

2. Pilih dan klik **edit**.

edit_data2

3. Setelah user memilih edit, maka sistem akan mengalihkan tampilan ke tab detail. Tab detail berisikan informasi data sebelumnya yang akan dilakukan perubahan. Tab detail memiliki tab lagi didalamnya, yakni :

* Info Perusahaan
* Pejabat
* Pemegang Saham

edit_data3

4. Jika user ingin melakukan perubahan Informasi Perusahaan maka pilih tab **Info Perusahaan**.
5. Siapkan file berbentuk gambar lalu pilih file tersebut untuk upload atau user bisa melakukan drag dan drop
file.

edit_data4

6. Pilih Status.

edit_data5

7. Pilih Subholding.

edit_data6

8. Pilih Kode Perusahaan.

edit_data7

9. Masukan Alias (jika ada).

edit_data8

10. Masukan *ama Perusahaan.

edit_data9

11. Pilih Kategori Bisnis.

edit_data10

12. Masukan Alamat Perusahaan.

edit_data11

13. Masukan Kota asal Perusahaan.

edit_data12

14. Masukan Provinsi asal Perusahaan.

edit_data13

15. Masukan Kode Pos Perusahaan.

edit_data14

16. Masukan nomor telepon Perusahaan.

edit_data15

17. Masukan E-mail Perusahaan.

edit_data16

18. Masukan situs website Perusahaan.

edit_data17

19. Masukan PIC Perusahaan.

edit_data18 edit_data19

* User dapat melakukan filter nama **Kontak** pada fitur **pencarian**.

edit_data20

Step 2 Edit Data Pejabat.

20. Setelah user selesai melakukan perubahan data **Informasi Perusahaan**, maka selanjutnya user melakukan 
perubahan **Informasi data Pejabat** jika di inginkan.
21. Hapus data pejabat dengan memilih dan klik titik 3 pada baris data.

edit_data21

22. Lalu, pilih dan klik delete.

edit_data22

23. Setelah di klik, sistem akan menampilkan pop-up konfirmasi yang tercantum keterangan bahwa data yang telah 
terhapus tidak akan bisa dipulihkan kembali.

edit_data23

24. Pilih dan klik **Ok** untuk menghapus data dan pilih **Cancel** untuk membatalkan.

edit_data24

25. Setelah kita memilih **Ok** maka sistem akan menampilkan pesan **Record Deleted**

edit_data25

26. Jika ingin menambahkan data maka user pilih button **"+ Tambah"** pada bagian kanan atas tabel.

edit_data26

27. Setelah berhasil memilih button **"+ Tambah"** maka sistem akan menampilkan modal pop-up yang telah tercantum 
informasi formulir yang akan di isi oleh user.

edit_data27

28. Pilih Kontak.

edit_data28 edit_data29

  • User dapat melakukan filter nama Kontak pada fitur pencarianedit_data30
29. Masukan Jabatan.

edit_data31

30. Pilih Status.

edit_data31

31. Setelah itu, jika user sudah memastikan formulir data Pejabat telah sesuai maka pilih button **simpan** 
untuk menyimpan data tersebut dan jika user ingin membatalkan formulir Perusahaan maka pilih button **batal**.

edit_data32

Step 3 Edit Data Pemegang Saham.

32. Perubahan data Pemegang Saham, user memilih tab pemegang saham.
33. **Hapus data Pemegang Saham** dengan memilih dan klik titik 3 pada baris data.

edit_data33

34. Pilih dan Klik Delete.

edit_data34

35. Setelah di klik, sistem akan menampilkan pop-up konfirmasi yang tercantum keterangan bahwa data yang telah 
terhapus tidak akan bisa dipulihkan kembali.

edit_data35

36. Pilih dan klik **Ok** untuk menghapus data dan pilih **Cancel** untuk membatalkan.

edit_data36

37. Setelah kita memilih **Ok** maka sistem akan menampilkan pesan **Record Deleted**

edit_data37

38. Jika ingin menambahkan data maka user pilih button **"+ Tambah"** pada bagian kanan atas tabel.

edit_data38

39. Setelah berhasil memilih button **"+ Tambah"** maka sistem akan menampilkan modal pop-up yang telah 
tercantum informasi formulir yang akan di isi oleh user.

edit_data39

40. Pilih Kontak.

edit_data40 edit_data41

* User dapat melakukan filter nama Kontak pada fitur **pencarian**.

edit_data42

41. Masukan nominal Nilai Saham.

edit_data43

42. Setelah itu, jika user sudah memastikan formulir data Pejabat telah sesuai maka pilih button **simpan** 
untuk menyimpan data tersebut dan jika user ingin membatalkan formulir Perusahaan maka pilih button **batal**.

edit_data44

43. Setelah berhasil melakukan perubahan data Pemegang Saham maka sistem akan menampilkan data yang telah 
dimasukan dan akan menampilkan pesan **record saved** pada bagian atas kanan tabel.
44. * Klik Batal
Untuk tidak melakukan perubahan apapun.
* Klik Simpan
Untuk menyimpan data.
* Klik Selesai
Untuk kembali ke halaman list data terbaru.

edit_data45

Hapus Data Perusahaan


Fungsi Hapus data ini berguna untuk menghapus data di database yang sudah tidak diperlukan lagi. Ketika 
menggunakan fungsi ini, user mengakses detail entri dan kemudian menginstruksikan sistem untuk menghapusnya dari
database.
1. Pilih baris data dengan meng-klik icon titik tiga pada bagian kiri baris data.

hapus_data1

2. Pilih dan klik delete.

hapus_data2

3. Setelah di klik, sistem akan menampilkan pop-up konfirmasi yang tercantum keterangan bahwa data yang telah 
terhapus tidak akan bisa dipulihkan kembali.

hapus_data3

4. Pilih dan klik **Ok** untuk menghapus data dan pilih **Cancel** untuk membatalkan.

hapus_data4

5. Setelah berhasil menghapus data, maka sistem akan menampilkan pesan **Record Deleted** pada bagian kanan atas 
tabel.

hapus_data5

Preview Data Perusahaan


Fungsi Preview adalah untuk melakukan pratinjau data yang telah di entry oleh user.
1. Pilih baris data dengan meng-klik icon titik tiga pada bagian kiri baris data.

preview_data1

2. Pilih dan Klik Preview.

preview_data2

3. Setelah di klik, maka sistem akan menampilkan pop-up yang telah tercantumkan **informasi data** pada setiap 
baris data yang dipilih.

preview_data3

Fitur Lainnya


Fitur adalah fitur khusus yang disertakan dalam alat. fitur yang telah tersedia pada Perusahaan antara lain, 
yakni :
1. Fitur filter **select Subholding**, user dapat memfilter banyak data Subholding sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan pada Subholding.

fitur_data1

2. Fitur **pencarian data**, fungsi pencarian data memungkinkan user memfilter data sesuai dengan kriteria.

fitur_data2

3. Fitur sShow/Hide tabel, Ffungsi show/hide tabel adalah untuk menampilkan atau menyembunyikan field pada 
tabel.

fitur_data3

4. Fitur ukuran tabel, berfungsi untuk mengatur ukuran tabel.

fitur_data4

5. Fitur*export PDF, fungsi dari export PDF yaitu untuk mengeluarkan dan menyimpan data supaya dapat di 
Import kedalam file berbentuk PDF.

fitur_data5

6. Fitur export Excel, fungsi dari export Excel yaitu untuk mengeluarkan dan menyimpan data supaya dapat 
di Import kedalam file berbentuk Xls.

fitur_data6